SMK ATTANWIR UTS MENGGUNAKAN CBT

Diposting pada: 2017-10-04, oleh : Firman Utina, Kategori: Berita

 

Dijaman serba canggih ini,banyak sekali kegiatan tradisional yang digantikan teknologi serba modern.Contohnya Ojek Online yang sudah mulai menjamur di beberapa kota besar,belanja online yang mendapatkan keuntungan yang luar biasa dari para investor,termasuk juga media pembelajaran multimedia.

Sekarang ini,sistem ujian di indonesia juga sedang mengalami masa transisi dari sitem ujian tradisional ke sistem CBT ( Computer Basic Test ).Di mulai dari UN yang dimulai tahun 2015 lalu sudah diterapkan UN CBT,kemudian tahun ini sekolah peserta UN CBT bertambah lagi.Tidak ketinggalan pula,SBMPTN tahun ini juga mulai perlahan diterapkan SBMPTN CBT.

Semakin luasnya penerapan CBT,berarti semakin banyak pula siswa indonesia yang akan menjalani sistem ini.Hal ini membuat siswa yang dulu ujian menggunakan pensil,jadi kasak-kusuk mulai mencari info tentang CBT.

Di SMK ATTANWIR tahun ini mulai di adakan UTS ( Ulangan Tengah Semester )  dengan sistem CBT.Walaupun masih ada beberapa pelajaran yang masih menggunakan sistem tradisional ( Paper ).Mungkin ada beberapa alasan yang menyebabkan tidak semua mata pelajaran menggunakan sistem CBT. Tapi Wakakurikulum dan tentu saja Kepala Sekolah,sangat mendukung bahkan menganjurkan untuk semua mata pelajaran agar dilaksanakan UTS menggunakan sistem CBT.

Tentu saja prubahan ini membuat sebagian guru dan siswa agak "bingung dan kerepotan" . Biasanya membuat soal dengan cara mengetik kemudian di print dan di foto copy.Sekarang para guru mengetik soal-soal tersebut,kemudian memasukan ke dalam program yang sudah disiapkan ,yang mana program tersebut mampu memilihkan soal-soal atau mengacak soal.

Diantara mata pelajaran yang telah menggunakan sistem CBT adalah Bahasa Indonesia ( kelas XII ),Matematika ( Kelas XI ),Bahasa Inggris (X,XI dan XII ), Pendidikan jasmani(untuk kelas X,XI,XII), Seni Budya (untuk kelas XI), Fisika (untuk kelas X,XI,XII), KKPI (untuk kelas XI), IPA (untuk kelas XI dan XII), Kewirausahaan (untuk kelas XI dan XII), produktif simkomdig (untuk kelas X), produktif pemrograman dasar, dan masih banyak lagi mata pelajaran produktif untuk kompetensi keahlian tehnik komputer dan jaringan, mengunakan sistem CBT ini.

        salah satu alasan untuk mata pelajaran yang tidak mengunakan sistem cbt ini adalah ingin melatih kemampuan menulis siswa. walaupun menggunakan sistem CBT ini sangat penting dan sangat dianjurkan, tapi melatih kemampuan menulis siswa joga hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Antara CBT dan menulis tangan harus seimbang, siswa dan guru harus menguasai kedua kemampuan ini.

       UTS yang mulai dilaksanakan tanggal 30 september 2017 ini,berjalan  dengan lancar dan sesuai yang diharapkan pada hari pertama. UTS ini akan dilaksanakan pada tanggal 30 september - 112 oktober 2017. Semoga UTS ganjil tahun 2017 ini dapat berjalan dengan lancar sampai akhir. Jika ada masalah , seperti listrik sekolah padam, pihak sekolah telah menyiapkan ganset agar pelaksanaan dapat berjala. Alhamdulillah,semua pihak telah mendukung sistem ini,atas kerja samanya, pihak sekolah mengucapkan terima kasih banyak


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini