PERNGITAN HUT RI KE-72 SMK ATTANWIR

Diposting pada: 2017-09-30, oleh : Firman Utina, Kategori: Berita

Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi keharusan sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. Perayaan itu dilakukan oleh semua pihak, baik di instansi pemerintahan, perusa­haan, juga di pendidikan. Di seko­lah-sekolah, perayaan HUT RI menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Kemeriahan begitu terasa setiap kali memasuki masa tujuh­belasan.

Menjelang 17 Agustus, sekolah-sekolah biasanya sudah berhias, dekorasi khas kemerdekaan dipasang di sekeliling sekolah seperti umbul-umbul merah putih, bendera-bendera kecil dan lainnya. Kelas-kelas pun dihias sedemikan rupa, selain untuk perayaan kemerdekaan juga untuk ikut lomba menghias kelas yang biasanya ada setiap tahun.

Di SMK ATTANWIR misalnya, Kamis (17/8), suasana sekolah tampak ramai. Ratusan siswa berada di luar kelas. Mereka menonton teman-temannya yang sedang bertanding voli dan balap tampah yang digelar hari itu . Sebelumnya juga ada perlombaan lainnya di bidang olahraga. Hari itu, sebagian pertandingan berakhir dengan penentuan pemenang. Para siswa menye­mangati, bersorak-sorak dan bergembira ketika tim maupun teman sekelasnya berhasil meraih poin.

Lomba balap tampah misalnya di gelar di luar lingkungan sekolah, di lapangan bola tepat di dekat bangunan sekolah. Para siswa menonton dari tepi lapangan, hanya sebagian pendukung yang menemani dan mendukung teman-temannya bertanding dari dekat arena lapangan.

Sementara para siswa pendukung bersorak-sorak menyemangati teman sekelas, atau teman satu jurusannya. Kadang, gengsi antar kelas dan antar jurusan membuat suasana kompetisi semakin meriah. Muhammad Faisal, siswa kelas XII Teknik Komputer Jaringan menjadi salah satu peserta lomba balap tampah. Ia mengenakan pita merah putih di kepalanya.

"Senang sekali setiap momen perayaan kemerdekaan 17 Agustus. Karena bisa bertanding di banyak bidang perlombaan. Saya pilih ikut balap tampah karena memang seru dan beda dari yang lain. Saya harap bisa jadi juara kali ini," katanya usai bertanding.

Menurutnya sebagai pelajar, ia harus mengisi kemerdekaan dengan berjuang dan berprestasi di satu bidang tertentu.

Kepala SMK ATTANWIR, Drs. H. Muhammad Rofiq, M.M.Pd. mengatakan perlombaan-perlom­baan yang digelar pada perayaan HUT ke-72 RI kali ini memang dibuat berbeda. Selain karena keterbatasan waktu dalam menggelar beragam perlom­baan, lomba-lomba itu juga sekaligus untuk menambah keceriaan para siswa.

Lomba-lomba yang digelar pun bera­gam, seperti volly, balap tampah, adzan dll.. Pengumuman peme­nang perlombaan dan pemberian hadiah kepada para pemenang dilakukan tepat pada momen kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2017 setelah sebelumnya digelar upacara memperingati hari kemerdekaan di sekolah. Siswa yang menjadi juara dalam perlombaan tersebut diapresiasi dengan piala dan hadiah. Diharapkan menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk turut berprestasi di bidang-bidang yang ada.

Koordinator Perlombaan, Syamsul Anam juga menyebutkan kegiatan perlombaan tujuhbelasan tersebut juga untuk menumbuhkan semangat per­juangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Melalui lomba-lomba tersebut diharapkan siswa mengerti makna perjuangan setidaknya berjuang untuk meraih prestasi di perlombaan-perlombaan yang ada.

"Siswa perlu dibentuk mentalnya untuk merasakan kesatuan dan kebinekaan dalam berbangsa dan bernegara. Kecin­taan pada negara atau nasionalisme perlu ditanamkan dalam diri setiap siswa, apalagi di masa sekarang ini," tambahnya.

Momen kemerdekaan memang selalu ditunggu-tunggu. Suasana kompetisi antar kelas selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap perayaan HUT RI. Dari masa ke masa, lomba tujuh­belasan selalu menyemaraknya suasana sekolah.

Tidak hanya kemeriahan yang diharap­kan, tetapi juga dapat mengajarkan makna perjuangan dan sikap menjaga kemer­dekaan yang telah dirasakan selama 72 tahun tersebut. Semoga di hari ulangtahun Kemer­dekaan RI yang ke 72 ini, para pelajar di Indonesia dapat lebih berpres­tasi di dunia internasional dan mengha­rumkan nama bangsa sebagai bentuk mengisi kemerdekaan yang telah diper­juangkan para pahlawan.


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini